-CAUTION-

Our Dearest VISITOR,

you guys, MAY leave us a Comment on any posting,
or Just Rate and Participate on This Blog....
also Note that,
We Appreciate EVERY 'ACTIVITY'
You are doing in this blog...

Thanks....! ^^
KitaPunyaReview
......
........
..........
-POSTs Written in ENGLISH-


To Satisfy all International Visitors,
who probably can't understand the reviews written in bahasa,
We are going to Launch the EnglishVersion
of our new posts,
as many posts as possible.
Also, You (international readers)
can REQUEST any of our posts u want us to translate
...

HERE IS THE LINK
Thanks...!!

Rabu, 21 April 2010

Donald McDonald ????

Maskot McD di jepang bukan Ronald McDonald!!!
Kemaren isenk2 buka kaskus nih..trus nemu thread ini..haha..
langsung tertarik bca soalnya masuk hot thread..hihi

Simak dulu gan thread nya (kaskuser language mode : on)
Atau kalo mo langsung kesini aja :

Jaman skarang di manapun kayaknya mcd termasuk salah satu fastfood
yang paling terkenal di dunia.

selain seringnya muncul menu2 baru,
munculnya hadiah2 baru dari kids meal, ronald mcdonald dan temen2nya
juga memegang peranan penting dalam mempromosikan mcd.
bahkan di mcd pelosok desa manapun,
kayaknya hampir NGA ada kan mcd yang didepannya
NGA naro patung ronald mcdonald yang lagi duduk?

Mcd di jepang juga sama kok kayak mcd2 dimanapun.
sampe akhirnya suatu hari gw iseng2 ngebaca artikel mcd
yang di tulis di kertas yang biasanya di taro di nampan
(kan suka ada cerita2 / artikel2nya tuh).

nah di sana ditulislah nama “donald mcdonald”.
spontan gw ketawa dong,
yg pertama ada di pikiran gw
“bego banget sih nih, masa ronald bisa jadi donald, emangnya donald duck!”.
jadilah kesalahan ‘cetak’ yang menurut gw fatal itu gw tanyain ke temen jepang gw.
pas gw tanya, reaksi dia gini “loh, kan emang namanya donald mcdonald!”,
“hah? ronald kali..”
gw tetep ngotot, dia juga ngotot,
sampe akhirnya gw memutuskan mungkin emang namanya beda kali ya
(walaupun ada yang aneh rasanya).

Jadilah gw nyari2 di internet tentang si donald ini, dan ternyata bener!
namanya adalah donald, bukan ronald!
ga ada alesan secara formal dari mcd kenapa nama logo-nya bisa di ganti,
tapi ada beberapa artikel yang bilang ada 2 kmungkinan kenapa namanya di ganti.

Menurut teori yang pertama,
orang jepang susah untuk ngebedain “l” dan “r”.
jadi daripada nanti kalo di tulis “ronald” mereka malah bilang “lonald”,
lebih baik “r”nya di ganti sama “d”.
sementara menurut teori yang kedua,
kalau di tulis dengan “ronald” takutnya orang2 jepang nanti salah menterjemahkannya.
nanti bukannya jadi “ronald” malah jadi “ranald”.

Ternyata di jepang, ada seorang tokoh penting yang namanya adalah ranald macdonald.
dia adalah orang yang pertama kali mengajar bahasa inggris di jepang.
gw ga ngerti kenapa,
pokoknya tokoh ini sangat dihotmati oleh orang2 jepang.
bahkan sampe skarangpun ada monumen ranald macdonald di nagasaki.

Jadi kalo ke jepang, jangan salah sebut ya! bukan ronald, tapi donald!
walaupun kedengerannya kok jadi kayak nama sunda ya,
kayak ujang marujang, atau tati sutati.



sumber

ada lagi nih info lainnya dr para kaskuser yang lain :
Originally Posted by chunchunpunya88
ane sempet dikasih tau sama dosen ane
kalo di jepang si Ronald itu pada awalnya ga diterima di jepang
karena senyumnya yg kelihatan gigi..

Spoiler for Ronald:

di Jepang, senyum ga boleh keliatan giginya..
pamali gitu kata mereka.. hehe..
(namanya kultur sifatnya kadang ga bisa dijelaskan oleh logika,
so don't ask why.. )

nah, maka dari itu, mereka buat karakter baru
yg senyumnya ga keliatan gigi..
muncullah si Donald ini..



Review :
Menurut gw orang jepang tuh kreatif juga yah ^^
Secara pola berfikir mereka uda jauh lebih maju dr masyarakat kita..

Banyak cara yg ditempuh agar suatu produk bs masuk ke banyak negara.
salah satunya ya hrs menyesuaikan sama social n culture yang ada..
spti yg gw pelajarin,pake STEEPLE
(social n culture,technological,economical n market, employment and training ,
political, legal and environmental).hihi

Masukin produk baru ke suatu Negara emank ga gmpang,
msti pake perencaan khusus yaitu marketing plan..
apalagi peraturan dan karakteristik tiap Negara beda2 yah,
jadi produk yg harus menyesuaikan..hehe

Walaupun mnrt kesaksian temen2 gw yg uda pada ke jepang
bahwa mcD di jepang rasanya bener2 ga cocok sama lidah orang Indonesia
n harga nya cukup menguras kantong
(pengalaman temen : 700rb buat makan ber5 dan ga kenyang sdikitpun),

tapi mcD ala jepang ini masih cukup bisa bertahan koq..
Thread ini membuat gw terinspirasi kalo sesusah apapun produk yg akan kita pasarkan,
kalo ada kreatifitas pasti bisa laku
(contoh : masyarakat jepang yang terbiasa makan makanan mentah
lalu dikenalkan dengan makanan siap saji atau junk food)

Sekian dari gw..bubye..^^



6 comments:

dita mengatakan...

gw pernah ke jepang tp udh lama bgt,, di jepang Mcd emang beda,, seinget gw jg ga ad ayam goreng adanya nugget dan knyk fish.. dan emang MAHAL, hehee

tasia mengatakan...

haha..tp bukti nya smpai skrg blm tutup..
bhkan menu ny aja di ubah.haha

dita mengatakan...

krn mcd udh byk mendunia bgt mnurut gw,, dy pasti mau consumernya ttp setia dan slalu menyesuaikan culture di stiap negara. jd slalu di sesuaikan dimana dy berada. ada bbrp menu yg beda kok tiap negara,tp ada jg yg sama.

Suninsane mengatakan...

Jangan lupa kalo McD memberlakukan juga Price Discrimination,
berdasar daya beli konsumen nya
(dalah hal ini, jumlah pendapatan perkapita nya)
kata Dosen Ekonomi gw,
McD termahal ada di Switzerland.....
^^

tasia mengatakan...

haha..
thx info ny teman2..^^

Anonim mengatakan...

wah aku baru pertama kali denger lho tentang si "Donald" ak kira nya di semua negara yah sama gitu deh,kan "Franchise". Negara Jepang adalah negara yang nasionalis, tapi penting juga penggunaan satu bahasa itu.karena dapat mengurang misscomunicate ,, hehehe~

-WinE-

Posting Komentar